Cara mendeteksi kerusakan pada handpone dan solusinya.


Cara mendeteksi kerusakan pada handpone dan solusinya.


Handpone mengalami kehilangan sinyal.
Handpone yang mengalami hilangnya sinyal biasanya disebabkan karena switch antenna rusak sehingga Hp “searching” terus menerus dan menyebabkan gangguan sinyal. Jika switch antenna mengalami kerusakan maka Hp tidak dapat menerima dan mengirim sinyal ke BTS (Base Transceiver Station). Switch ini juga berhubungan dengan IC PA, RF Filter, dan RF prosesor. Karena keempat IC tersebut sangat berhubungan dengan proses penerimaan dan pemancaran sinyal. Dan juga bias di sebabkan karena seringnya gonta-ganti chasing sehingga merusak komponen pada Switch.
Solusinya :
a. Pertama cek pada ke empat komponen yang berhubungan dengan penerima dan pemancaran sinyal seperti IC PA, RF Filter, RF prosesor dan Switch antena.
b.Panaskan solder timah pada komponen-komponen tersebut dengan menggunakan Hot air. Agar kaki-kaki komponen tersebut akan rapi kembali dengan sendirinya. Atur suhu dan tekanan angin agar seimbang dibantu dengan cairan songka agar tidak terjadi pecah pada komponen. Lakukan selama 1-2menit. Setelah itu bersihkan komponen tersebut dengan cairan IPA.
c.Kemudian hidupkan ponsel, coba cek apakah indicator sinyal sudah muncul kembali.
d.Apa Bila indicator sinyal masih belum bisa muncul pada layar LCD berarti ada bagian komponen yang perlu untuk diganti yang baru.
Kerusakan pada LCD.
Ada dua penyebab kerusakan pada LCD diantaranya.
a.LCD mengalami blank (LCD tidak dapat menampilkan gambar atau tulisan)
Itu bisa disebabkan karena korosi pada jalur arus data CPU yang menghubungkan pada layar LCD. Yang disebabkan oleh masuknya cairan kedalam komponen Hp.
Atau bisa juga disebabkan karena kabel fleksibel putus, konektor patah, ruber sobek atau ketiganya kotor.
b.LCD pecah. itu disebabkan karena Hp mengalami jatuh atau mengalami benturan keras sehingga menyebabkan layar LCD pecah dan cairan LCD mengalami kebocoran. Itu tidak ada cara lain untuk mengatasinya selain harus menggantinya dengan yang baru.


Solusinya :
a)Langkah pertama adalah periksa pada kabel fleksibel, konektor, dan ruber. Apakah ketiga komponen tersebut mengalami kotor sehingga tidak dapat melakukan koneksi dengan sempurna ke layar LCD. Maka segera bersihkan ketiga konektor tersebut dengan cairan IPA.
b)Bila itu yang terjadi pada kabel fleksibel yang putus, konektor patah, dan ruber sobek. Maka ketiga komponen tersebut harus diganti.
c)Periksa pada blok LCD dengan multitester, apakah ada tegangan atau tidak. Jika tegangan mencapai 4,8 volt berarti LCD masih dalam keadaan baik. atau sebaliknya.
Baterai mengalami drop.
Baterai yang ngedrop itu bisa disebab oleh beberapa hal antara lain adalah :
a)Proses pengisian baterai yang tidak teratur.
b)Penggunaan charge yang tidak asli.
c)Proses charge yang berlebihan sehingga baterai mengalami kerusakan fisik seperti menggembung.
d)Baterai mengalami korosi karena terkana cairan.
Solusinya :
Solusi yang paling termudah untuk mengatasi baterai yang ngedrop adalah menggantinya dengan yang baru. Dan alternative lainya adalah baterai di sunti dengan menggunakan desktop atau dengan menggunakan power aupplay.
Suara ringtone rusak.
Suara rington tidak bisa bersuara dengan keras meski volumenya sudah mentok atau tidak mengeluarkan suara sama sekali. Itu biasa desebabkan karena terjadi korosi pada buzzer karena terkena cairan atau terjadi putusnya pada jalur buzzer sehingga menyebabkan rington tidak bersuara. Dan juga bisa disebabkan karena terlalu penuh menyimpan data pada memori hp sehingga sering terjadi hang.

Solusinya :
Hal pertama yang harus di cek adalah cukup hanya menengarkan suara pada rington.
Apabila suaranya tidak sesuai dengan biasanya maka coba cek dengan multitester apakah ada jalur yang putus. Bila buzzer mengalami kerusakan maka buzzer harus diganti dengan yang baru. Apabila semua dalam keadaan bagus maka coba cek pada setingan awal hape. Bila kerusakan tersebu dikarenakan sering terjadinya hang maka solusinya adalah harus diflas.

Hp mengalami Hang pada keypad
Bila Hp mengalami hang pada keypad maka handpone tidak dapat dipakai sebagai mana mestinya karena kondisi keypad tidak bisa merespon sentuhan jari kita untuk menginput suatu data. Itu dikarenakan disebabkan oleh jalur yang menghubungkan keypad ke CPU menglami hambatan atau terputus yang di sebabkan adanya kotoran debu atau air yang menempel pada keypad. Selain itu juga bisa disebabkan kerena terjadinya konsleting pada keypad yang disebabkan karena terjatuh hingga terlepasnya timah yang menghubungkan antar komponen.
Solusinya :
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mematikan Hp dengan menggunakan tombol power on/off. Bila hangnya disebabkan karena terjadi adanya kotoran pada keypad maka bersihkanlah dengan menggunakan kuas lembut yang kusus atau bisa juga menggunakan kertas tisu kering. Apa bila yang disebabkan karena adanya jalur yang terputus maka langkah yang harus dilakukan adalah dengan cara men-jumper. Menjumper adalah menyambung arus yang terputus dari satu kaki komponen kekaki komponen lain. Menjumper ini tidak mudah karena kita harus memperhatikan jalur mana yang terputus. Untuk mencegah terjadinya konsleting maka bersih kanlah dengan menggunakan cairan IPA.

Handpone mengalami Hang total
Hp yang mengalami hang total biasanya hp tidak mau merespon printah dari tombol-tombol pada hp apabila kita menekannya. Itu disebabkan karena kesalahan memasukkan data yang tidak sesuai dengan hp; Pengaplikasian yang salah; hp sering jatuh; kerusakan pada shofware; dan pemakaian memori hp yang berlebihan.

Solusinya :
Langkan pertama yang harus dilakukan adalah mencopot baterai pada hp agar hp mati. Lalu coba hidupkan kembali hp tersebut, bila hp masih mengalami hang coba seting awal pada hp melalui security code. Apabila masih belum berhasil maka langkah selanjutnya adalah melakukan flasing pada hp untuk mengembalikan data seperti semula. Solusi lain adalah meng upgrade hp. Misalnya langkah-langkah tersebut belumbisa berhasil maka kemungkinan besar sumber kerusakannya ada pada CPU nya. Hal tersebut memang sulit diatasi kalau kerusakannya pada CPU.

Cara menghindari terjadinya hang pada hp:
a)Hindari hp dari benturan keras.
b)Jangan memencet keypad terlalu cepat atau keras, terutama pada saat kita melakukan smsan. Agar memudahkan memori dalam mengirimkan perintah ke CPU.
c)Simpan data dengan sesuai kapasitas memori yang dimiliki hp.
Handpone mati total.
Hp yang mati total disebabkan karena hp sering terjatuh atau hp terjatuh kedalam air. Dan juga bisa disebabkan karena kerusakan pada shofware.

Solusinya :
Apabila hp mati total karena terjatuh kedalam air maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah melepas baterainya agar tidak mengalami konsleting. Copot semua bagian-bagian hp seperti kesing, baterai, LCD, dan PCB. Kemudian keringkan dengan menggunakan hot air. Cek arus pada PCB dan baterai apakah ada arus atau tidak. Kalau tidak ada arus, cek pada komponen-komponen lain.lakukanlah dengan multitester jika ada arus pada hp maka coba hidupkan kembali hp tersebut. Misalnya masih belum bisa hidup maka coba lakukan flasing pada hp.

Kerusakan pada IC power supply.
Penyebabnya adalah hp terlalu panas, terkena cairan, dan terkena benturan keras.

Solusinya:
Sebenarnya kerusakan pada komponen ini sudah tidak ada solusi lain kecuali harus diganti dengan yang baru.

Kerusakan pada IC PA.
Kerusakan pada komponen ini biasanya hp akan mengalami searching terus, karena tidak bisa mengunci jaringan operator. Hp juga akan mengalami mati total kerena arus tidak bisa mengalir kekomponen-komponen lain. Penyebabnya sama seperti kerusakan pada IC power supply.

Solusinya :
IC PA harus diganti dengan yang baru.

Kerusakan pada IC RF.
Penyebabnya adalah hp terlalu panas, terkena cairan, terkena benturan keras, konsleting, dan IC PA sudah lemah.

Solusinya :
Juga harus di ganti dengan yang baru.

KERUSAKAN PADA MIKROFON.
Itu di akibatkan karena benturan keras, terkena cairan, atau menglami korosi pada jalur.

Solusinya:
Coba cek beberapa component dan jalur-jalurnya.periksa jalur mikrofon yang menghubungkan resistor, transmit, dan IC audio dengan menggunakan multitester. Jika jarum pada multitester itu bergerak, berarti jalur masih berfungsi. Jika jarumnya tidak mau bergerak maka jarum tersebut telah putus. Dan harus diperbaiki dengan cara di jumper untuk menyambung kembali jalur tersebut.

Kerusakann pada speker.
Untuk mengecek kerusakan pada speker yaitu dengan cara menelpon, apabila lawan bicara tidak terdengar, kemungkinan besar speker ponsel kita mengalami kerusakan. Penyebabnya jalur audio terputus yang di akibatkan benturan keras atau terkena cairan.


Solusinya :
Tes dengan multitester apabila jarum bisa bergerak berarti kondisinya masih bagus, dasebaliknya apabila jarum multi tidak bergerak berarti jalur tersebut telah terputus. Maka lakukan penyambungan dengan cara jumper. Bila kondisi speker masih bagus tapi tidak dapat mengeluarkan suara maka yang harus kita ganti adalah pada IC audionya.


Berikut adalah beberapa kerusakan pada handpone yang sering terjadi pada umumnya dalam kehidupan kita sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar